Monday 13 November 2017

dampak positif dan negatif modernisasi dan globalisasi terhadap perubahan sosial dan budaya




     !!
    
Dampak positif

1. Perubahan tata nilai dan sikap

    Dengan adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat dari irasional menjadi rasional.

2. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan dan teknologi

    Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk lebih maju.

 KIPLY PANDIANGAN

3. TINGKAT KEHIDUPANA YANG LEBIH BAIK

     Berkembangnya alat transportasi menjadi lebih canggih dan dibukanya  industri  yang merupakan salah satu usaha untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan tarif hidup masyarakat.



Dampak negatif

1. Pola hidup konsumtif 

    Karena begitu berkembangnya industri membuat penyediaan makanan dan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik akan barang ataupun makanan tersebut. 

2. Sikap individual 

    Berkembangnya teknologi mempermudah masyarakat dan membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas. Dan membuat mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.

3. Gaya hidup kebarat-baratan   

    Tidak semuanya budaya barat cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.

4. kesenjangan sosial 

    Hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperjauh antara individu yang satu dengan yang lain yang stagnan.




cari tau juga mengenai:





No comments:

Post a Comment

kiply pandiangan